5 Jenis Jeruk Yang Paling Enak Dan Tidak Bisa Ditolak

August 30, 2021 0 By penulis

Limau atau yang memiliki nama ilmiah citrus ini merupakan buah kecil berbentuk bulat dan mempunyai segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Buah berwarna oranye dan kaya akan vitamin C ini termasuk dalam salah satu buah yang paling populer dan banyak disukai oleh orang-orang di seluruh dunia.

Saking populernya, berbagai jenis produk khususnya minuman banyak diproduksi dengan menggunakan rasa dari buah yang menyegarkan ini. Di antaranya banyaknya varietas jeruk-jerukan di seluruh dunia, berikut akan dirangkum beberapa limau yang paling populer dan laku di pasar buah-buahan dunia.

Mandarina Atau Keprok

Buah jeruk yang satu ini identik dengan perayaan Tahun Baru Imlek. Sesuai dengan namanaya, buah ini berasal dari Tiongkok dan merupakan salah satu varietas non-hibrida.

Buah Mandarina ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan buah lain dari varietasnya serta memiliki rasa yang manis, dengan kulit tipis yang membuatnya mudah untuk dikupas. Selain itu kulitdari buah ini pun sering digunakan untuk pengobatan tradisional Tiongkok.

Di negara asalnya yaitu Tiongkok, buah ini sangat dihormati. Alasannya karena penduduk setempat menyakini bahwa buah yang satu ini dapat membawa keberuntungan serta mewakili sebuah harapan. Sehingga Anda mungkin akan banyak menemukan buah ini pada saat perayaan Tahun Baru Imlek.

Pamelo

Pamelo merupakan limau berukuran besar dan termasuk dalam varietas non-hibrida. Beratnya bisa mencapai 1 sampai 2 kg, dengan diameter sekitar 15 hingga 25 cm.

Buah ini memiliki rasa yang asam, manis, maupun kombinasi dari rasa asam manis itu sendiri dengan daging yang berwarna putih kemerah-merahan. Sayangnya, buah ini hanya tidak selalu ada di pasaran dan hanya bisa Anda temukan pada musim panennya saja.

Orange

Buah yang satu ini merupakan buah yang paling populer dan banyak disukai di seluruh dunia. Rasa yang manis dan menyegarkan dari buah ini membuat siapa saja sulit untuk menolak buah yang juga ememilki aroma yang kuat ini.

Pohon orange ini banyak ditemukan di daerah yang memiliki iklim tropis maupun subtropis dan merupakan hasil persilangan dari dua jenis jeruk yakni Mandarina dan Pamelo. Kulit dari buah yang juga diyakini berasal dari dataran Tiongkok ini sering dipakai untuk bahan pembuatan parfum.

Tangerine

Satu lagi buah yang merupakan hasil dari persilangan dua jenis buah yang berbeda yakni Tangerine. Buah yang satu ini merupakan hasil silangan antara hibrida orange mandarin yang berbeda.

Nama dari buah ini diambil dari nama tempat ditemukannya yakni di Tangier, Maroko. Berbeda dengan jenis jeruk-jerukan lainnya, Tangerine memiliki rasa yang lebih manis tetapi juga ukurannya jauh lebih kecil.

Itulah tadi beberapa jeruk yang paling digemari di seluruh dunia, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.