6 Jenis Material Meja TV yang Perlu Anda Ketahui

April 27, 2022 0 By penulis
LACK meja TV, putih, 160x35x36 cm | IKEA Indonesia

Penggunaan televisi sebagai sarana hiburan hampir ada di mana-mana di rumah tangga Indonesia. Dengan adanya TV ini maka masyarakat perlu menggunakan furniture berupa meja TV untuk menempatkan TV yang dimilikinya.

Memilih meja TV yang tepat sangat penting. Lalu apa saja material meja TV yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda? Berikut kami sajikan informasinya.

  • Kayu ┬áSolid

Selain itu, meja TV kayu menawarkan daya tahan dan kualitas yang lebih baik, yang cukup baik untuk Anda, namun, jika Anda memiliki ruangan kecil, meja TV kayu mungkin juga tidak cocok untuk Anda. Ukuran dan ketahanan yang kokoh membuat meja TV kayu lebih baik ditempatkan di ruangan yang cukup besar.

Selain itu, meja TV kayu perlu perawatan agar selalu terlihat seperti baru dan tidak membosankan. Bahan kayu memiliki tekstur yang berbeda-beda contohnya jenis kayu jati yang memiliki ciri khas tekstur kayu jati dan corak yang berbeda terlihat sangat jelas

  • Kaca

Meja TV yang bisa anda gunakan adalah terbuat dari bahan kaca. Ada dua jenis kaca yang biasa digunakan dalam pembuatan meja TV, yang pertama adalah jenis kaca transparan, dan yang kedua adalah jenis kaca yang dihias dengan warna atau ornamen yang berbeda, dimana kaca transparan ini sangat cocok untuk Anda gunakan diletakkan di ruangan yang berbeda.

Sedangkan jenis kaca yang sudah mendapat tambahan dekorasi bisa mempercantik ruangan yang Anda miliki. Kelebihan meja TV kaca adalah mudah dibersihkan dan perawatannya hanya perlu dilakukan dengan lap basah dan dilap secara teratur.

Namun tetap anda perlu berhati-hati dengan meja tv kaca karena jenis ini rawan pecah dan tidak sekuat meja tv kayu sehingga akan sangat berbahaya apalagi jika anda memiliki yang kecil.

  • Kombinasi Kayu dan Kaca

Lalu ada semacam meja TV yang merupakan kombinasi kayu dan kaca. Dari modern hingga etnik, berbagai desain mudah ditemukan di sini.

Keunggulan bahan jenis ini terletak pada optiknya, dimana Anda bisa mengaplikasikannya jika ingin mempercantik interior ruangan dan menampilkan sisi elegan. Karena bahannya adalah kayu dan kaca, Anda perlu membersihkan kayu dengan kain kering sedangkan untuk potongan kaca Anda bisa menggunakan kain lembab.

  • Plastik

Meja TV bahan plastik jenis ini merupakan jenis bahan yang tidak begitu populer dan laris di pasaran, akan tetapi bahan jenis ini sangat cocok jika anda memiliki ruangan yang minimalis karena jenis bahan plastik ini tidak memakan banyak tempat.

  • Maple

Karena warnanya yang cerah dan kemampuannya untuk dicat dengan warna lain, kayu pinus sering dipilih sebagai bahan utama pembuatan meja TV. Selain itu, harganya yang sangat terjangkau menjadikan kayu ini sebagai primadona di kalangan pengrajin mebel.

  • Kayu jati

Kayu ini memiliki bobot yang lebih ringan daripada beech atau maple, jadi secara otomatis tidak tahan lama dan kuat. Meski harganya mahal, kayu jati memiliki kualitas yang sangat baik dan tahan terhadap rayap, cuaca, jamur dan air.

Kayu jati juga memiliki kandungan minyak yang tinggi sehingga membantu ketahanannya saat digunakan sebagai furniture, seperti meja TV.