Apasih Penyebab Terjadinya Kulit Kepala Berketombe? Dan Bagaimana Sih Cara Menghilangkannya?

February 5, 2021 0 By penulis
5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Ketombe Sulit Hilang, Sudah Tahu?

Ketombe adalah kondisi umum dan kronis yang bisa terjadi pada pria dan wanita dan semua jenis rambut, tetapi ketombe pada kepala lebih sering terjadi pada pria. Ketombe adalah kondisi kulit yang tidak menular. Banyak orang yang mengalami kulit kepala berketombe karena kulit kepala yang kering atau karena jarang mencuci rambut, tetapi sebenarnya kulit kepala berketombe ini penyebab sebenarnya lebih kompleks. Teruslah membaca untuk mengetahui alasan sebenarnya ketombe terjadi dan bagaimana cara menghilangkan ketombe.

Kebanyakan orang berpikir masalah yang menyebabkan kulit kepala berketombe adalah kulit kepala yang kering, yang terjadi justru sebaliknya. Ternyata, serpihan ketombe terbentuk dari kulit kepala, yang biasanya merupakan akibat dari dermatitis seboroik. Ini adalah kondisi kulit atau iritasi yang menyebabkan kulit kepala menghasilkan terlalu banyak minyak, yang menyebabkan pengelupasan serpihan kulit berminyak dan berlilin. Sayangnya, saat ini tidak diketahui mengapa beberapa orang cenderung berketombe dan yang lainnya tidak. Berketombe biasanya mulai muncul saat pubertas, dan biasanya mereda pada usia 50 tahun.

Jenis Ketombe dan Penyebabnya

Beberapa hal berbeda dapat menyebabkan dermatitis seboroik. Pertama, kulit mungkin sensitive pada jenis jamur tertentu yang tidak berbahaya yang hidup di kulit semua orang. Kedua, kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis dan eksim yang dapat menyebabkan ketombe. Ada juga jenis infeksi jamur lain yang bisa menyebabkan kulit kepala berketombe. Bukan hanya itu saja, produk perawatan rambut yang tidak cocok dengan kalian juga dapat membuat kulit kepala yang mengelupas menjadi lebih buruk, terutama produk rambut yang mengandung protein dan silikon. Faktor gaya hidup seperti stres, pola makan yang buruk, atau mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan ketombe pada kulit kepala. Saat bertambah usia kulit kepala juga cenderung berketmbe. Namun, ini bukan karena produksi minyak yang berlebihan, tetapi Itu karena kulit kita secara alami kehilangan kelembapan seiring dengan  bertambahnya usia kita , sehingga menyebabkan kulit kepala kering dan kulit mengelupas.

Kabar baiknya adalah kita bisa secara substansial mengurangi jumlah ketombe yang dialami. Kabar buruknya adalah bahwa meskipun ketombe pada kulit kepala kita mungkin terkendali, ketombe tidak dapat disembuhkan. Untuk mengilangkan ketombe kalian harus konsisten dengan perawatan rambut dan kulit kepala. Saat menangani ketombe, waktu yang dibutuhkan untuk mengurangi gejala tergantung pada penyebabnya. Sampo obat seperti selsun, jika digunakan setiap hari, membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk mengatasi masalahnya. Shampoo biasanya menghilangkan ketombe dengan menargetkan penyebab jamur atau ragi dengan bahan aktif, atau dengan memperlambat pertumbuhan sel kulit kepala kalian. Kalian bisa menghilangkan ketombe dalam sekejap menggunakan metode sederhana yang ditargetkan pada ketombe itu sendiri, cara ini adalah cara menghilangkan ketombe dengan cara yang tidak perlu dicuci. Pertama, lihat di cermin dan tentukan di mana ketombe kalian terlihat. Selanjutnya, taburkan bedak bayi di atas area ketombe yang terlihat. Namun, jangan gunakan terlalu banyak, terutama jika rambut kalian berwarna gelap, karena dapat meninggalkan residu putih. Terakhir, ambil sisir bergigi rapat dan sisir ketombe dengan hati-hati. Bedak tabur akan membuat folikel rambut kalian yang licin, yang berarti serpihan kulit tidak akan menempel pada helai rambut kalian, kemudian bilas dan keringkan sisir setiap kali kalian menyisir rambut kalian.

Itulah cara sederhana dan cara cepat untuk menghilangkan ketombe, semoga artikel di atas bisa bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya!