Beberapa Tips Ini Dapat Anda Lakukan untuk Menghemat Kuota Internet Selama Lebaran

May 14, 2021 0 By penulis
3 Cara Beli Paket Telkomsel Bulanan 4G Murah

Lebaran menjadi momen yang dinantikan oleh banyak orang. Terlebih setelah menjalankan aktivitas puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Menjalankan sholat ied, berkumpul bersama keluarga, menjalin silaturahmi dengan kerabat maupun rekan pada hari lebaran adalah perayaan yang seru untuk dilakukan.

Namun, lebaran di saat pandemi membuat silahturahmi beralih menjadi online. Oleh karena itu, kebutuhan internet menjadi hal utama yang perlu dipersiapkan. Jika Anda tidak berlangganan WiFi, Anda dapat mengalihkannya pada kuota internet yang tepat. Nah, mencegah pembengkakan kebutuhan internet Anda dapat mencoba beberapa tips menghemat kuota internet selama lebaran.

Tips Menghemat Kuota Internet Selama Lebaran

1. Matikan Paket Data Selama Tidak Terpakai

Mungkin beberapa diantara Anda seringkali lupa mematikan paket data saat tidak terpakai. Terutama ketika Anda sedang tidur atau melakukan aktivitas yang membebaskan Anda dari ponsel. Demi menjaga kuota internet Anda tetap hemat, sebaiknya Anda mulai mengubah kebiasaan ini.

Mematikan paket data selama tidak terpakai terbukti efektif dan ampuh untuk menghemat pengeluaran internet Anda. Anda bisa mengaktifkan kembali paket data ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Selain menghemat kuota, trik ini juga membuat baterai smartphone lebih awet.

2. Atur Limit Penggunaan Data Melalui Layanan Sistem Smartphone

Sistem pada smartphone didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Termasuk dengan kemampuan sistem mengetahui besar kecilnya penggunaan data setiap saat. Anda dengan mudah dapat memperoleh informasi penggunaan data kapanpun itu jika Anda menginginkannya.

Nah, untuk menghemat penggunaan data Anda bisa mengakses menu setelan atau settings pada perangkat smartphone Anda. Melalui fitur ini Anda dapat mengatur limit penggunaan paket data sesuai kebutuhan. Dengan menyalakan notifikasi atau peringatan penggunaan data, Anda dengan sigap mengantisipasi jika sewaktu-waktu kuota Anda telah melebihi limit yang ditentukan.

3. Atur Limit Paket Data pada Beberapa Aplikasi

Aplikasi media sosial memang dikenal membutuhkan kapasitas data yang besar saat diakses. Namun, agar tetap bisa digunakan Anda hanya perlu mengaktifkan fitur penghemat data. Pada instagram, misalnya. Anda hanya perlu melakukan setting pada akun Anda, lalu klik penggunaan data seluler. Selanjutnya Anda akan diarahkan pada opsi fitur ‘gunakan data lebih sedikit’. Jika Anda benar-benar ingin menggunakan instagram lebih hemat saat lebaran, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur penghemat data. Langkah ini dapat Anda aplikasikan pada beberapa aplikasi media sosial yang lain, lho.

4. Gunakan WiFi Saat Memungkinkan

Trik ini memang terkesan umum untuk dipraktikkan. Namun, Anda dapat menjadikannya sebagai alternatif menghemat paket data dengan mudah. 

Adanya WiFi meringankan beban paket data Anda, terutama jika smartphone membutuhkan pembaruan aplikasi. Atau, di saat tertentu sistem perangkat smartphone sedang update. Kedua kondisi ini membutuhkan kuota yang besar untuk melakukan update sistem dan aplikasi.

Tidak hanya itu, beberapa aplikasi terkenal membutuhkan kuota yang besar sewaktu diakses. Jenis aplikasi media sosial utamanya. Jika Anda sedang berada di tempat terakses WiFi, Anda dapat menyelamatkan paket data. Saat lebaran utamanya, ketika Anda memerlukan banyak ruang komunikasi dengan sanak saudara.

4. Gunakan Paket Unlimited Selama Lebaran

Lebaran merupakan momen spesial, sebab banyak orang yang merayakannya. Untuk menarik animo pengguna, beberapa provider menyedikan paket unlimited yang menarik. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan paket unlimited sesuai kebutuhan internet Anda. Terlebih saat lebaran pasti Anda membutuhkan kuota internet yang besar untuk menjalin silahturahmi dengan keluarga, teman, rekan kerja, maupun pacar. 

Paket data unlimited menguntungkan Anda untuk mengakses internet dengan jumlah yang tak terbatas. Namun umumnya provider akan membatasi kecepatan internet saja. Untuk mendapatkan paket data unlimited, Anda biasanya akan dikenakan biaya langganan antara Rp 50.000 hingga Rp 150.000.

5. Gunakan Kuota Keluarga

Kebutuhan internet selama lebaran dipastikan akan meningkat. Terlebih saat pandemi, ketika komunikasi beralih menjadi serba virtual. Mengatasi bertambahnya pengeluaran keuangan keluarga saat lebaran, Anda dapat bersiap untuk berlangganan menggunakan Kuota Keluarga.

Beberapa provider seperti paket internet simpati, XL, Telkomsel, Indosat, dan provider lainnya telah menginisiasi paket hemat untuk digunakan keluarga. Lebih hemat, Anda dapat menjalin kebutuhan komunikasi Anda melalui kuota keluarga. 

Beberapa tips di atas telah membantu Anda menghemat penggunaan kuota internet. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mencoba mempraktikannya di saat lebaran nanti. Selamat mencoba.