Bisnis Online Terbaik Anti Krisis Bisa Dicoba Pemula

September 9, 2021 0 By penulis

Kondisi pandemi serta PPKM yang terus menerus diperpanjang memberikan ketidakpastian pada dunia usaha. Beberapa Mal tutup, sehingga berimbas pada beberapa tenant yang harus tutup akibat terkena imbas pagebluk covid-19. Kondisi demikian sangat wajar jika pada akhirnya banyak yang mengandalkan aplikasi pinjaman uang online untuk mendapatkan dana segar untuk berbagai kebutuhan.

Namun, tidak bisa dimungkiri di sisi lain justru ada yang masih bisa bertahan bahkan bisa tetap untung selama masa pandemi. Beberapa usaha di bidang ini teruji bisa melewati pagebluk covid-19. Apalagi saat ini pemasarannya bisa dibantu dengan cara online lewat marketplace atau iklan di media sosial. Transaksi bisa dilakukan virtual, sementara barangnya bisa dikirim melalui jasa kurir atau logistik yang murah dan terjangkau. 

Berikut ini ada beberapa ide bisnis online anti krisis yang bisa tetap dicoba selama masa pagebluk covid 19 berlangsung. Pun seperti beberapa prediksi, bahwa pada akhirnya kita harus berdamai dan hidup berdampingan dengan virus covid-19 hingga beberapa tahun mendatang.

1. Usaha Makanan Pokok

Siapapun tetap butuh makan. Sehingga tak heran jika usaha makanan pokok tidak banyak terimbas oleh pagebluk covid 19. Usaha makanan pokok bisa diambil satu jenis saja, misalnya berjualan beras, gula, tepung, atau minyak goreng dengan harga yang murah. Tentu, agar bisa mendapatkan harga murah, kita harus mengambil dari distributor langsung, bukan dari reseller. Malahan ada yang langsung mendapatkannya dari pabrik, sehingga bisa dijual kembali dengan margin keuntungan yang lebih besar.

Tren pada saat pandemi pun mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih sehat. Beberapa makanan pokok yang sebelumnya tidak dilirik kini menjadi salah satu yang paling banyak dibutuhkan. Misalnya saja seperti beras shirataki, beras merah, beras jagung, hingga aneka beras berwarna yang punya kandungan kalori lebih sedikit dari beras putih. Peluang tersebut masih cukup terbuka lebar karena semakin hari, masyarakat semakin sadar untuk tetap menjaga kondisi tubuhnya agar tetap fit dan sehat lewat apa yang dimakannya.   

2. Usaha Makanan Siap Saji

Pagebluk tidak menyurutkan karyawan untuk tetap bekerja di rumah. Kondisi demikian memang membuat mereka semakin terbatas ruang geraknya. Belum lagi dengan tanggung jawab terhadap pendidikan anak-anak yang masih melakukan pembelajaran jarak jauh. Mau tidak mau, waktu 24 jam dirasa terbatas dan kurang. Sementara di sisi lain, keluarga tetap butuh makanan setiap hari.

Maka, salah satu solusinya yang paling banyak dicari adalah makanan siap saji. Beberapa makanan yang sudah punya pelanggan pun masih tetap bisa berjalan normal, meskipun pada awal-awal pagebluk ada kondisi penurunan. Namun, perubahan aktivitas dari offline ke online, pada akhirnya tetap saja masyarakat akan mencari makanan yang dia suka.

Usaha makanan siap saji ini masih terbuka lebar. Misalnya seperti dimsum siap saji, bapau, ayam ungkep, lele dan ikan ungkep, sehingga proses penyajiannya juga lebih mudah, tinggal goreng, kukus, atau rebus saja beberapa menit bisa langsung dihidangkan. 

3. Usaha Jual Beli Masker dan Hand Sanitizer

Demi menjaga protokol kesehatan tentu saja harus dibekali dengan beberapa alat kesehatan. Paling mudah adalah dengan menggunakan masker medis. Harga masker medis saat awal-awal pagebluk mengalami kenaikan harga karena permintaan yang tidak seimbang dengan penyediaan barang. Wajar jika satu box masker yang normalnya hanya Rp30 ribu menjadi naik hingga Rp300 ribu.

Namun, seiring dengan kapasitas produksi yang ditingkatkan, kini harga masker sangat bervariasi. Akan sangat bergantung pada jenis masker, serta berapa lapisan yang disediakannya. Makin baik kualitas bahannya, tidak berbau, dan lembut, akan makin mahal. Sebaliknya, makin kasar, mudah basah akan semakin murah.

Bisnis ini termasuk yang sudah banyak pemainnya sehingga kue pasarnya dibagi-bagi. Tapi, bukan berarti sudah tertutup peluangnya. Titik beratnya kini pada pemasaran yang benar serta target pasar yang tepat, disesuaikan dengan produknya masing-masing. 

4. Usaha Tanaman dan Media Tanam

Hobi yang juga tren saat masa pagebluk adalah menanam aneka jenis tanaman hias, tanaman obat, hingga tanaman buah-buahan. Menurut riset, orang-orang yang rajin bercocok tanam bahkan punya usia yang lebih panjang karena ada aktivitas yang terus menerus dilakukan setiap hari.

Proses merawat tanaman inilah yang akhirnya menjadi hobi yang banyak digeluti orang di masa senggang. Saat punya banyak waktu di rumah dan ingin punya aktivitas yang lebih positif, hobi menanam menjadi pilihan yang paling tepat. 

Peluang ini yang bisa ditangkap dengan mulai menjual bibit, pot, aksesoris kebun, hingga peralatan hobi tanaman. Misalnya yang paling sederhana seperti jualan polybag, media tanam tanah yang sudah dicampur sekam, dan lain sebagainya. Tentu harus dipersiapkan juga riset yang benar, dapatkan harga termurah dari distributor, sehingga margin keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar.  

5. Usaha Pendidikan Online

Pendidikan Jarak Jauh di masa pagebluk covid-19 ini memang membuat usaha pendidikan sempat surut di masa-masa awal. Alasannya orang tua merasa bisa menanganinya sendiri. Tapi, lama kelamaan orang tua pun akhirnya merasa terkuras tenaganya jika semua dilakukan sendiri.

Walhasil kini banyak orang tua yang pada akhinrya juga meminta bantuan orang lain untuk membimbing dan menemani anaknya secara daring. Proses pemantapan pun tetap diperlukan bagi anak-anak yang memang sudah mau naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Usaha pendidikan termasuk usaha yang anti krisis dan long lasting, Peluangnya masih sangat besar serta bisa dilakukan dari modal kecil. Bicara soal modal, bagi para pemula bisa memanfaatkan layanan dari beberapa aplikasi pinjaman uang online. Saat ini, justru beberapa fintech gencar mencari pelaku usaha yang membutuhkan dana untuk usaha produktif di saat pagebluk covid 19.

Diantara yang direkomendasikan adalah Kredivo. Kredivo sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu, Kredivo adalah pemain lama yang- berpengalaman serta punya berbagai produk finansial yang banyak membantu kebutuhan harian maupun bulanan. 

Kredivo adalah salah satu pelopor aplikasi pinjaman online, bisa apply dalam waktu 24 jam. Proses pendaftaran kurang dari 5 menit saja. Pun proses pencairan bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 24 jam. Sehingga, saat dibutuhkan dana bisa langsung cair dan dipergunakan untuk kebutuhan mendesak sekalipun.

Plafon Kredivo sangat besar hingga Rp30 juta bagi member premium. Sementara untuk bunganya sendiri hanya 2,6% saja per bulan. Tersedia tenor 30 hari, 3 bulan, 6 bulan dan maksimal 12 bulan. Kredivo memberikan layanan pay later tanpa bunga untuk tenor 30 hari dan 3 bulan. Cukup bayar biaya adminnya saja sebesar 1% per bulan dari pokok pinjaman.