Cara Mengecek dan Meningkatkan Masa Subur Wanita

December 16, 2020 0 By penulis
Tips Gunakan Kalender Kesuburan Pasca Keguguran (Aaron Amat/Shutterstock)

Salah satu cara untuk segera hamil dan memiliki anak adalah anda harus mengetahui masa subur anda. Dengan mengetahui masa subur makan anda bisa melakukan ovulasi dengan tepat, sehingga kemungkinan untuk segera hamil menjadi lebih besar. Lalu bagaimana cara menghitung masa subur?

Cara Menghitung Masa Subur

Seperti yang diketahui bersama bahwa siklus menstruasi atau jarak menstruasi terakhir dengan haid pertama wanita rata-rata berkisar 28 hingga 32 hari. Bahkan, wanita dengan siklus haid teratur 28 hari bisa dengan mudah dalam menentukan masa subur setelah haid.

Masa subur ini terjadi sekitar hari ke-14 setelah terakhir menstruasi. Akan tetapi, tidak semua wanita memiliki siklus hadir 28 hari. Terkadang bisa lebih panjang atau cepat. Maka dari itu, cara terbaik untuk menentukan masa subur adalah menghitung atau cek masa subur setelah menstruasi.

Dalam hal ini, anda hanya perlu mengingat awal haid terakhir dan lamanya siklus menstruasi tersebut. Dan biasanya seorang wanita akan mengalami masa subur pada hari ke-11 hingga hari ke-21 dalam siklus haidnya. 

Sebagai contoh, misalkan hari pertama menstruasi terakhir anda adalah 27 Maret 2019 dengan siklus 30 hari. Berarti, perkiraan masa subur anda antara tanggal  7-12 April 2019. 

Cara Menghitung Masa Subur Menggunakan Kalkulator Kesuburan

Selain secara manual, anda juga bisa menghitung masa subur dengan menggunakan kalkulator masa subur. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa mengetahui masa subur anda dengan mudah dan cepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan Priod Calculator & Ovulation Calculator.

Aplikasi Period Calculator & Ovulation Calculator ini selain digunakan untuk melacak siklus menstruasi, juga bisa digunakan sebagai kalkulator masa subur haid tidak teratur. Perlu diketahui bahwa siklus seperti ini biasanya kerap terjadi pada wanita-wanita muda yang jarang untuk mencatat tanggal menstruasi setiap bulannya. Jika sudah demikian, maka tentu saja yang harus anda lakukan adalah mulai mencatat dan melakukan penyesuaian. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencari tahu apakah seorang wanita tersebut sedang hamil atau tidak. Bahkan aplikasi ini juga bisa digunakan untuk merencanakan KB.

Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur

  • Suhu tubuh naik 0,5 sampai satu derajat Celsius saat diukur dengan menggunakan termometer
  • Hormon luteinizing (LH) meningkat saat diukur dengan alat pengukur ovulasi
  • Lendir atau keputihan dari vagina tampak lebih jernih dan elastis seperti putih telur ayam mentah
  • Timbul nyeri di bagian payudara
  • Perut kembung
  • Muncul sendikit kram di bagian samping tubuh

Cara Meningkatkan Kesuburan Pada Wanita

1. Perhatikan Pola Makan dan Olahraga

Perlu anda ketahui bahwa makanan yang anda makan sehari-hari bisa mempengaruhi nutrisi, fungsi sel, fungsi hormon, dan kesuburan. Apabila anda tidak bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisi, maka anda bisa mengonsumsi suplemen guna membantu memenuhi nutrisi tersebut. Memiliki berat badan yang berlebih atau kegemukan berpotensi untuk menurunkan kesuburan. Jumlah lemak yang berlebih atau terlalu sedikit juga dapat menganggu siklus menstruasi yang akhirnya bisa mengganggu kesuburan. 

2. Mengonsumsi Asam Folat

Cara berikutnya untuk meningkatkan kesuburan pada wanita adalah dengan mengonsumsi asam folat. Karena asam folat ini bukan hanya baik untuk perkembangan saraf janin saja, namun juga untuk meningkatkan kesuburan. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa jika asam folat bisa dapat menurunkan kejadian kegagalan ovulasi. Untuk mendapatkan kandungan asam folat ini, anda bisa menemukannya dari makanan jenis sayuran seperti brokoli, asparagus, dan sayuran hijau lainnya. Dalam hal ini, sebaiknya anda mengonsumsi asam folat dengan jumlah konsumsi 400 mikrogram sehari.