Daerah Nusa Tenggara Barat Menyimpan Kekayaan Komoditas Alam Yang Mengagumkan

Daerah Nusa Tenggara Barat Menyimpan Kekayaan Komoditas Alam Yang Mengagumkan
TAKJUB INDONESIA PETA PROPINSI NUSA TENGGARA BARAT from desnantara-tamasya.blogspot.com

Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Berada di antara Pulau Jawa dan Pulau Bali, NTB menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain panorama alam yang memukau, NTB juga dikenal memiliki komoditas alam yang sangat kaya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kekayaan komoditas alam yang dimiliki oleh daerah Nusa Tenggara Barat.

Komoditas Pertanian

NTB memiliki potensi pertanian yang sangat besar. Salah satu komoditas pertanian unggulan dari daerah ini adalah kopi. Kopi NTB terkenal dengan kualitasnya yang tinggi dan memiliki rasa yang khas. Selain kopi, NTB juga dikenal sebagai penghasil buah-buahan tropis seperti mangga, jeruk, dan pisang. Komoditas pertanian lainnya yang cukup populer dari NTB adalah kelapa dan cokelat.

Komoditas Perikanan

Dengan pantai yang memanjang, NTB juga memiliki potensi perikanan yang melimpah. Ikan laut yang hidup di perairan NTB sangat beragam jenisnya, mulai dari ikan tuna, kerapu, kakap, hingga lobster. Selain itu, NTB juga terkenal dengan tambak udang windu yang melimpah. Komoditas perikanan dari NTB ini menjadi sumber penghasilan yang penting bagi masyarakat setempat.

Komoditas Tambang

Nusa Tenggara Barat juga kaya akan komoditas tambang. Salah satu komoditas tambang yang paling terkenal dari NTB adalah timah. NTB merupakan salah satu produsen timah terbesar di Indonesia. Selain timah, NTB juga memiliki cadangan emas yang cukup besar. Tambang emas di NTB terdapat di daerah Sekotong dan Bima. Komoditas tambang lainnya dari NTB adalah batu kapur, marmer, dan batu bata.

Komoditas Wisata

Tak hanya kekayaan alamnya, NTB juga memiliki potensi wisata yang luar biasa. Pulau Lombok, misalnya, menawarkan keindahan pantai yang tak tertandingi, seperti Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Senggigi. Selain itu, Pulau Lombok juga terkenal dengan Gunung Rinjani yang menawarkan pemandangan alam yang spektakuler. Pulau Komodo, yang terletak di sebelah barat NTB, juga menjadi tujuan wisata yang populer karena keberadaan komodo, hewan langka yang hanya ada di Indonesia.

Komoditas Kerajinan Tangan

NTB juga terkenal dengan kerajinan tangan yang berkualitas tinggi. Salah satu kerajinan tangan yang paling terkenal dari NTB adalah anyaman bambu. Anyaman bambu dari NTB dikenal dengan keindahannya yang unik dan tahan lama. Selain itu, NTB juga terkenal dengan kerajinan perak, seperti perhiasan dan aksesoris yang indah. Kerajinan perak dari NTB merupakan produk yang memiliki nilai seni tinggi dan sering menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan.

Komoditas Minuman Tradisional

NTB juga memiliki komoditas minuman tradisional yang khas. Salah satu minuman tradisional yang populer dari NTB adalah arak. Arak NTB terkenal dengan keasliannya dan memiliki rasa yang khas. Selain arak, NTB juga dikenal dengan kopi khasnya, seperti kopi Sembalun dan kopi Moyo. Minuman tradisional dari NTB ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner dan minuman tradisional.

Kesimpulan

Daerah Nusa Tenggara Barat memang memiliki komoditas alam yang sangat kaya. Dari pertanian, perikanan, tambang, wisata, kerajinan tangan, hingga minuman tradisional, NTB menawarkan berbagai kekayaan alam yang tak ternilai. Dengan potensi ini, NTB memiliki peluang besar untuk mengembangkan sektor ekonominya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan kekayaan budaya, Nusa Tenggara Barat adalah pilihan yang tepat!

You May Also Like

Ariel Fatokoh

About the Author: Ariel Fatokoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *