Gejala Umum Saluran Pernapasan Menurut SehatQ.com

December 21, 2020 0 By admin
image Infeksi Saluran Pernapasan

Selama musim pancaroba, influenza (flu) menjadi salah satu hal yang sudah tidak. Namun kenyataannya, ada ribuan virus dan bakteri di luar sana yang dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Selain infeksi saluran pernapasan atas yang khas seperti flu biasa dan infeksi telinga, ada juga infeksi saluran pernapasan bawah termasuk bronkitis akut, croup dan bronchiolitis. Terlepad sadi upaya terbaik yang kita lakukan untuk mencegah penyakit, bukan hal yang aneh jika kita tetap terkena direktori penyakit tersebut beberapa kali dalam setahun, terutama anak-anak sangat sering terkena flu.

Gejala Umum Infeksi Saluran Pernafasan

Meskipun infeksi saluran pernapasan dapat memengaruhi berbagai area sistem pernapasan, dari sinus hingga paru-paru kalian, gejalanya sebagian besar sama. Mengetahui gejala-gejala ini lebih awal dapat membantu kalian melawan infeksi tersebut sebelum memburuk.

  • Batuk

Batuk adalah tindakan refleks yang normal saat kita memiliki produksi lendir dari virus atau bakteri di saluran pernapasan. Ini adaah cara tubuh kita membersihkan tenggorokan agar lebih mudah bernapas. Namun, jika batuk malah menjadi mengganggu dan minum air tidak membantu, cobalah untuk mengkonsumsi obat batuk.

  • Hidung Berair / meler

Walaupun mungkin mengganggu, keluarnya cairan dari saluran pernapasan bagian atas atau sinus sebenarnya adalah hal yang baik. Ini adalah caramenjebak kuman, membersihkannya dan mencegahnya memasuki paru-paru kita Selain tetap terhidrasi, menggunakan air hydrate, kompres hangat atau semprotan hidung dekongestan adalah pengobatan yang bagus.

  • Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan ditandai dengan rasa sakit, kering, atau gatal di tenggorokan. Meskipun virus menyebabkan sebagian besar sakit tenggorokan, bakteri yang masuk ke tubuh juga dapat menyebabkan infeksi bakteri seperti radang tenggorokan. kalian dapat mengurangi rasa sakit dengan pelega tenggorokan atau obat yang dijual bebas, seperti asetaminofen atau ibuprofen. Berikut ini pengobatan rumahan yang lebih bermanfaat.

  • Badan Pegal

Karena sistem kekebalan kita bekerja keras untuk melawan infeksi virus seperti pilek atau flu, hal itu dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan sakit kepala, pembengkakan kelenjar getah bening, dan nyeri tubuh. Pastikan untuk banyak istirahat dan minum air, dan jika rasa sakit tidak mereda, obat bebas dapat membantu.

  • Kelelahan

Ketika Akalian mengalami infeksi virus, sistem kekebalan tubuh bekerja terlalu keras dan kuta mungkin menyadari bahwa kita merasa terlalu lelah. Untuk mendapatkan kembali energi, pastikan kalian istirahat dan makan makanan yang sehat sehingga tubuh memiliki simpanan energi yang dibutuhkan untuk memerangi infeksi tersebut.

Sebagian besar infeksi saluran pernapasan akan sembuh dengan sendirinya seiring waktu. Namun, ada beberapa tanda peringatan bahwa infeksi bisa menjadi sesuatu yang lebih serius. Jika kalian atau anggota keluarga mengalami demam ringan (> 101,6 derajat), kesulitan bernapas, nyeri dada, pusing, atau kehilangan kesadaran, segera kunjungi tenaga kesehatan. Biasanya mereka akan melakukan pemeriksaan fisik. Kemudian, tergantung pada gejala yang kalian alami, jika gejala yang kalian alami cukup parah mungkin tenaga kesehatan akan melakukan pemeriksaan yang lebih ekstensif seperti CT scan atau X-ray.

Mengingat banyaknya virus dan bakteri yang ada dan fakta bahwa banyak virus dan bakteri yang mudah menyebar ketika kalian berada dalam kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, masuk akal jika kalian mungkin sakit beberapa kali dalam setahun. Tapi bagaimana dengan orang-orang yang sepertinya tidak pernah sakit? Apa rahasianya? Berikut 5 cara agar terhindar infeksi saluran pernapasan:

  • Dapatkan semua  vaksinasi yang diperlukan , termasuk vaksin flu tahunan.
  • Cuci tangan secara teratur, terutama setelah dari tempat umum.
  • Hindari menyentuh wajah untuk mencegah kuman memasuki sistem tubuh.
  • Makan-makanan yang sehat dan berolahraga.
  • Rutin tidur minimal 7 jam semalam.