Mengenal Margin dan Lembaga Berwenangan pada Bursa Berjangka

June 26, 2021 0 By penulis
Apa Itu Bursa Berjangka? : Okezone Economy

Bursa berjangka merupakan pasar beragam dengan komoditas berjangka, indeks berjangka dan opsi dalam kontrak berjangka dilakukan dalam transaksi jual dan beli. Seseorang yang akan memperdagangkan kontrak berjangka wajib membuat akun di pialang terdaftar. Bursa berjangka juga memiliki dan menyediakan fungsi kliring dan penyelesainnya.

Dalam melakukan investasi bursa berjangka, keamanan menjadi poin yang penting untuk Anda perhatikan. Jika investasi yang dilakukan aman, Anda tidak akan kepikiran lagi mengenai berjalannya bisnis bursa berjangka yang Anda miliki. Berikut adalah penjelasan mengenai margin dan lembaga berwenang pada bursa berjangka.

Penyelesaian Transaksi pada Bursa Berjangka

Inilah beberapa penyelesaian dalam melakukan transaksi bursa berjangka yang bisa Anda pahami.

  1. Menyelesaikan sebuah transaksi dengan likuidasi
  2. Menyelesaikan sebuah transaksi dengan cara tunai
  3. Menyelesaikan sebuah transaksi dengan menyerahkan fisik aset turunan
  4. Menyelesaikan sebuah transaksi dengan tukar menukar fisik berjangka.

Setelah memahami penyelesaian transaksi pada bursa berjangka, terdapat beberapa margin yang dapat menjamin transaksi pada bursa berjangka. Margin inilah yang akan mengontrol transaksi yang akan Anda lakukan saat berbisnis bursa berjangka. Berikut adalah penjelasan mengenai margin dan lembaga berwenangan pada bursa berjangka.

Mengenal Margin dan Lembaga Berwenangan pada Bursa Berjangka 

  1. Pemungutan Margin oleh Lembaga Kliring

Lembaga kliring memiliki peran yaitu salah satunya menjamin transaksi dari anggota bursa panjang. Lembaga ini memiliki 2 macam margin yaitu diantara margin awal (iniial margin) atau margin deposit yaitu dana yang dicadangkan dalam menutupi berbagai kerugian saat bertransaksi perdagangan.

Margin yang ke-2 yaitu margin mark to market yaitu pada akhir hari perdagangan, lembaga yang akan menilai lagi mengenai posisi terbuka yang ada serta disesuaikan dengan harga penyelesaian pada akhir hari perdagangan. Hal ini dapat mengakibatkan jika penilaian itu akan timbul kekurangan dan kelebihan margin.

  1. Pemungutan Margin oleh Pialang

Margin jenis ini sering disebut dengan margin nasabah. Hal ini memiliki pengertian yaitu sebuah dana yang ada pada pialang yang menjadikannya sebagai jaminan dari kontrak terbuka.

Dana ini yang haruslah lebih besar ketimbang margin awal yang disetorkan oleh pihak pialang dari anggota kliring kepada lembaga.

Setelah Anda mengetahui mengenai macam-macam margin yang digunakan pada transaksi di bursa berjangka, ada baiknya Anda memahami dan mengetahui tentang lembaga-lembaga yang berwenang dalam transaksi berjangka. Berikut adalah penjelasan mengenai transaksi berjangka yang perlu Anda ketahui.

Lembaga Berwenang terhadap Transaksi Bursa Berjangka

  1. BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) di  Indonesia.
  2. Otoritas Moneter Singapura atau Monetary Authority of Singapore (MAS) di wilayah Singapura.
  3. Securities and Exchange Board of India atau SEBI di wilayah India.
  4. Securities and Futures Commission atau SFC di wilayah Hong Kong.
  5. China Securities Regulatory Commission di wilayah China.
  6. Commodity Futures Trading Commission atau CFTC di wilayah Amerika.
  7. French Commission des operations de Bourse (COB) di wilayah Perancis.
  8. Financial Services Authority atau FSA di Inggris dan masih banyak lembaga lainnya.

Dapat disimpulkan bahwa penjelasan di atas yaitu menjelaskan tentang penyelesaian transaksi pada bursa berjangka, mengenal margin pada bursa berjangka dan lembaga yang berwenang terhadap transaksi bursa berjangka. Penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam mendapatkan informasi mengenai transaksi di bursa berjangka.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai penyelesaian transaksi pada bursa berjangka, mengenal margin pada bursa berjangka dan lembaga yang berwenang terhadap transaksi bursa berjangka. Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya pada laman https://www.icdx.co.id/. Semoga bermanfaat.