Perjalanan Karir Alberto Goncalves da Costa Hingga Menjadi WNI

August 20, 2020 0 By penulis
Madura United Pinjamkan Alberto Goncalves dan Jaimerson Xavier ke Persija

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Alberto Goncalves da Costa merupakan salah satu pesepakbola asing yang paling bersinar di Liga Indonesia. Tak hanya itu, pemain yang akrab disapa Beto ini juga adalah salah satu pemain asing yang saat ini resmi menjadi WNI (Warga Negara Indonesia). Ya, terang saja demikian, sebab pemain bola asal Brazil ini memang telah lama berputat di Liga Indonesia. Bahkan, istri Beto juga merupakan orang Indonesia asli lho. Nah, untuk mengetahui perjalanan karir Beto hingga menjadi WNI, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Menurut informasi yang di dapat, klub pertama yang dibela oleh Beto adalah Sport Belem. Setelah membela Sport Belem, Beto pun memutuskan untuk berseragam Villa Rica pada tahun 2000. Masih di tahun yang sama, Beto hijrah ke klub Sao Raimundo hingga tahun 2001. Merasa bosan berkarir di tanah kelahirannya, Akhirnya Beto memutuskan untuk terbang jauh ke Benua Asia dan mendarat ke Persipura Jayapura pada tahun 2009 hingga 2010. 

Selama membela Persipura Jayapura, Beto tampil dalam 28 pertandingan dengan mencetak 18 gol. Setelah membela Persipura, Beto sempat bermain di Dempo yang kemudian berseragam Persijap Jepara yang hanya setengah musim saja. Setengah musim bersama Persijap, Beto hanya mampu mencetak 4 gol dari 14 pertandingan pada musim 2010 – 2011. 

Musim 2011, Beto memutuskan untuk kembali lagi ke tim Mutiara Hitam Persipura Jayapura hingga musim 2012. Dari sinilah performa terbaik Beto mulai terlihat, dimana ia berhasil mencetak 25 gol dari 34 pertandingan bersama Persipura Jayapura. Bermain satu musim bersama Persipura, Beto pun terbang ke Jawa Timur untuk berseragam Arema Cronus. Bersama Arema juga hanya bertahan satu musim, dimana Beto hijrah ke Pulau Sumatera untuk bergabung dengan Sriwijaya FC. 

Di Sriwijaya FC pun hanya bertahan satu musim, dan Beto telah berseragam Madura United yang bermain di liga indonesia pada musim 2019 hingga 2020. Saat ini Beto resmi menjadi WNI dan memperkuat Timnas Senior Indonesia.